RESUME MEDIA EFFECT

Komunikasi Massa Kelas C

Esmeralda Doraldina 2016-41-162
Adelia Cindy Larasati 2016-41-168
Vania Annisa Zahra 2016-41-177 
Annisa Kirana 2016-41-193
Chintya Hatsa Nursepta 2016-41-222




PENGARUH MEDIA

Setiap orang memiliki reaksi yang berbeda-beda saat/setelah menerima pesan dari media. Selain itu, media dalam mempengaruhi penerima pada dasarnya mengarahkan kepada empat pola pengaruh media, yaitu:

Empat pola umum pengaruh media, yaitu:
1.         Perubahan jangka panjang secara bertahap (gradual long term change)
Pesan dari media secara bertahap mengubah cara pandang dan secara bertahap mengubah pemikiran seseorang.
Contoh:
Efek  penanaman pikiran meningkatkan kepercayaan seseorang dalam waktu bertahap tentang kehidupan nyata. Contohnya seperti dunia adalah tempat yang kejam.

Efek ini menyatakan bahwa apabila seseorang menonton tayangan televisi  yang berisi  konten yang baik maka secara bertahap ia percaya bahwa kehidupan nyata  seperti apa yang mereka tonton atau ia lihat. Sebaliknya apabila konten didalam televisi berisi kekerasan, orang- orang yang menontonya membuat presepsi bahwa dunia nyata seperti apa yang mereka lihat yaitu penuh kekerasan.
Kesimpulan: mereka  akan  percaya apa yang mereka lihat, berada dikehidupan nyata.

2.         Perubahan jangka panjang tidak berubah (reinforcement)
Apabila pemikiran dasar seseorang diperkuat secara terus menerus oleh pesan yang sama, maka akan semakin kuat pemikiran orang itu terhadap hal yang berhubungan dengan pesan tersebut. Sehingga semakin kecil kemungkinannya akan terjadi fluktuasi.
Contoh: Dari waktu ke waktu sikap seseorang terhadap kandidat politik menjadi lebih kuat. Yakni dengan terbukanya media untuk iklan kampanye liputan berita, pembicaraan pakar pakar mengenai calon kandidat, menguatkan sikap seseorang.

3.         Segera bergeser (immediate shift)
Pengaruh media bisa mengubah sesuatu pada seseorang setelah atau pada saat menerima sesuatu. Perubahan itu berlangsung dalam waktu lama, perubahan yang terjadi bisa relatif kecil atau bahkan bisa besar dan dramatis.
Contoh perubahan dramatis:
Ketika seorang anak muda menonton film tentang seseorang yang menarik didalam karir tertentu. Ia langsung ingin menjadi seperti itu karna tertarik dengan apa yang ia lihat.




4.         Fluktuasi ( gejolak) jangka pendek
Media memicu gejolak  penerima (komunikan) pada saat/setelah media diterima. Perubahan yang terjadi itu singkat dan penerima akan kembali pada kondisi sebelum menerima media tersebut.
Atau dengan kata lain terdapat efek pada seseorang pada saat/setelah menerima sebuah media tertentu. Efek yang didapat baik setelah/pada saat terpapar bahan media, peneliti menemukan adanya peningkatan pengetahuan, perubahan sikap, atau niat perilaku.
Pengaruh media mengarahkan seseorang untuk membedakan antara fase penilaian awal (garis dasar) dan fluktuasi, dan juga membedakan antara manifestasi dan proses efek.
Fluktuasi adalah perubahan yang terjadi selama seseorang menerima paparan media atau setelahnya sementara perubahan pada garis dasar pemikiran seseorang membutuhkan waktu yang lama.

Garis dasar dapat menunjukkan perubahan, di mana perubahan itu bisa menjadi penurunan pada garis dasar itu sendiri (seperti dengan hilangnya intensitas reaksi emosional dari film horor secara bertahap dari waktu ke waktu) kenaikan pada garis dasar (secara bertahap dan terus-menerus menghargai eksposur seseorang untuk program tertentu sehingga meningkatkan tampilan kebiasaan mereka dari program itu dari waktu ke waktu)atau penguatan garis dasar (seperti aliran pesan media tertentu yang memberi kontribusi bobot yang lebih besar dan lebih besar terhadap sikap seseorang tentang masalah politik, sehingga akan semakin sulit seiring waktu untuk mengubah sikap itu menjadi berbeda.

Pengaruh media terus berlangsung dan konstan. Terkadang kita bisa melihat bukti pengaruh ini seperti efek manifestasi. Di lain waktu pengaruh ini sangat sulit atau tidak mungkin untuk diamati, tapi ini tidak berarti media tidak mengerahkan pengaruh, hanya saja pengaruhnya membentuk proses yang belum bisa diobservasi. Media mengerahkan pengaruhnya baik langsung pada orang maupun secara tidak langsung. Selain itu, media mengerahkan pengaruhnya melalui konstelasi faktor. Beberapa faktor ini berasal dari media dalam bentuk cerita mereka, sementara faktor lainnya berasal dari orang dan lingkungan seseorang.

Comments

Popular posts from this blog

Analisa Lagu “Rumah Kita”

Analisa lagu “We Are the World” - Various Artists

Analisa Sinetron "Catatan Si Boy The Series" Net TV